MIRACLE COMMUNITY: Komunitas Yang Diutus

Translate

Selasa, 10 April 2012

Komunitas Yang Diutus

  Catatan Penatua : Pdt. Dionisius Ponomban


Yohannes 17:21
supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.
Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu:
Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.

     Kita membutuhkan kasih karunia untuk bisa memahami komunitas dengan benar, karena tidak mudah untuk kita dapat membangun dan menghidupinya. Terbukti sampai hari ini kita lebih banyak mendengar perpecahan dan ketidak harmonisan. Apa yang ditunjukkan oleh gereja dan orang percaya hari ini, sepertinya mereka begitu lemah dan tidak berdaya dengan yang namanya kesatuan komunitas. 
     Mengapa sulit membangun komunitas? Sebelum ayat 21-23 dari Yohannes 17 kita menemukan ada prinsip dasar yang Yesus ajarkan untuk kita dapat bersatu dan menghidupinya. Kita perlu belajar seperti apa yang Yesus doakan. Dalam ayat pertama Tuhan Yesus serius dan begitu menginginkan komunitas seperti yang Dia miliki bersama dengan Bapa di sorga, seperti pertama Dia menciptakan manusia (Kejadian 1:26). Komunitas seperti yang Dia ingin bangun, hingga dunia boleh Percaya (Yohannes 17:5Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.  Yohannes 17:22  Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu:  Yohannes 17:3 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.
       Mengingini, Mengenal Bapa dan Pengutusan Kristus menjadi sasar untuk kita dapat sampai pada komunitas yang sempurna atau komunitas seperti yang dimiliki Tuhan Yesus. Perhatikan Yohannes 17:18-19. Yohannes 17:18 Sama seperti Engkau (BAPA) telah MENGUTUS AKU (YESUS) ke dalam dunia, demikian pula Aku (YESUS) telah mengutus mereka (Orang Percaya) ke dalam dunia; Yohannes 17:19 dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya merekapun dikuduskan dalam kebenaran.

Menjadi Komunitas Yang Di Utus
       Tuhan Yesus Serius dengan komunitas yang dibangun-Nya. Dia berdoa dan mengkhususkan diri-Nya demi komunitas yang dibangun-Nya menjadi sama seperti Komunitas BAPA dan DIA, yaitu Komunitas yang diutus, bukan komunitas tanpa arah dan tujuan. Tetapi komunitas yang jelas arahnya dan Komunitas yang memahami dengan yang namanya Pengutusan. Diutus sama seperti ketika YESUS ketika diutus BAPA. 
Komunitas yang diutus adalah:
  1. Komunitas yang bertanggung jawab untuk memperkenalkan Yesus pada dunia sehingga dunia percaya bahwa "Yesus adalah Tuhan". Komunitas Kita punya tanggung jawab yang besar bukan hanya sekedar berkumpul, makan, bahas masalah, pesiar. Kita seharusnya mengerti seperti Tuhan Yesus diutus seperti itulah Komunitas kita bertanggung jawab membawa dunia percaya pada BAPA.
  2. Komunitas yang mengandalkan ALLAH sepenuh seperti Yesus ketika diutus di dunia selalu bergantung dan tidak pernah mau pisah dengan Bapa-Nya. Dia berkata "Aku tidak dapat melakukan apapun sebelum aku melihat dan mendengar BAPA, sebuah kebergantungan yang toal, demikianlah juga seharusnya dengan komunitas kita selalu bergantung pada BAPA seperti Yesus.
  3. Komunitas yang berjalan dalam urapan dan kuasa Roh Kudus, Komunitas yang mendemonstrasikan Kuasa Allah. Komunitas gereja hari ini tidak lebih seperti komunitas dunia lainnya tidak ada hal-hal yang dapat didemonstrasikan walau Alkitab berkata bahwa ORANG PERCAYA DIBERI OTORITAS untuk mengusir setan, membangkitkan orang mati, mencelikkan orang buta, dan membuat orang tuli mendengar dan menyembuhkan berbagai penyakit, kanker tumor dan penyakit lainnya, kuasa setan tidak dapat menyentuh hidup orang percaya, itulah yang Yesus perbuat ketika diutus BAPA. 
Bagaimana dengan kita?
Ingat...... Komunitas kita seharusnya seperti YESUS ketika DIUTUS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar