MIRACLE COMMUNITY: Saat Teduh Jumat, 16 Agustus 2013

Translate

Jumat, 16 Agustus 2013

Saat Teduh Jumat, 16 Agustus 2013



PIKIRAN YANG DIKUASAI SITUASI DAN KONDISI MEMBUAT KESIMPULAN KELIRU
Bacalah: Hakim-Hakim 6:1-13
Salah satu penyebab mengapa pekerjaan Tuhan terbengkalai adalah dikarenakan oleh sikap pasif orang Kristen sendiri. Kita kerap berpikir bahwa biarlah orang lain yang melakukannya dan bukanlah tanggungjawab kita untuk berbuat sesuatu.
Malaikat Tuhan menampakkan diri kepadanya dan berfirman kepadanya, demikian, "Tuhan menyertai engkau, ya pahlawan yang gagah berani.’ Jawab Gideon kepadanya, "Ah tuanku, jika Tuhan menyertai kami, mengapa semuanya ini menimpa kami? Di manakah segala perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib yang diceritakan oleh nenek moyang kami kepada kami, ketika mereka berkata, "Bukankah Tuhan telah menuntun kita keluar dari Mesir? Tetapi sekarang Tuhan membuang kami ke dalam cengkeraman orang Midian.’ (Hakim-Hakim 6:12-13).
Gideon mengaitkan situasi yang buruk ini dengan ketidakpedulian Tuhan—suatu kesimpulan keliru. Ia beranggapan bahwa Tuhan sudah meninggalkan Israel; itu sebabnya Ia mendiamkan kita berada di dalam situasi yang buruk itu. Gideon marah dan kecewa; ia menuduh Tuhan tidak adil dan tidak konsisten: di masa lalu Tuhan menyertai Israel namun sekarang mendiamkan dan Gideon malah menggunakan istilah yang lebih keras yaitu "Tuhan membuang" untuk mengungkapkan kekesalannya kepada Tuhan. Memang tidak selalu kita dapat mengerti rencana Tuhan; tidak selalu kita dapat memahami mengapa Tuhan membiarkan kita dalam situasi yang buruk. Namun kita mesti menyadari bahwa kendati kita berada di dalam situasi yang buruk, itu tidak berarti bahwa Tuhan berniat buruk. Ingat: jika Ia berniat buruk kepada kita, Ia tidak akan akan berkorban dan mati untuk kita.

Renungkan.
1.Apa kalimat positif yang diucapkan Malaikat Tuhan tentang Gideon? (ay.12) Dan apa jawab Gideon? (ay.13)


2.Sebenarnya apa yang menyebabkan Gideon mempunyai kesimpulan bahwa Tuhan sudah membuang mereka? (ay. 2)


Doakan  agar kita memiliki kekuatan untuk menguasai setiap situasi dan kondisi kehidupan kita.

Ayat hafalan minggu ini: Roma 8:31 Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar