MIRACLE COMMUNITY: Saat Teduh Minggu, 18 Agustus 2013

Translate

Minggu, 18 Agustus 2013

Saat Teduh Minggu, 18 Agustus 2013



BUKAN ANDA, TETAPI TUHAN SENDIRI YANG MELAKUKANNYA
Bacalah: Hakim-Hakim 6:15-24
Gideon ingin mengelak dari tanggung jawab dan mengutarakan fakta yang memang benar. Ia mengecilkan dirinya dan mengedepankan keterbatasannya. Gideon lupa bahwa pekerjaan Tuhan dilakukan oleh Tuhan sendiri, bukan oleh kita. Kita adalah sarana atau alat Tuhan semata. Itulah yang sering terjadi pada diri kita pula. Kita hanya bisa mengeluh namun tidak bersedia berbuat apa-apa untuk mengubahnya. Sudah tentu kita harus tahu diri pula dan menyadari keterbatasan, namun bila kita tahu jelas bahwa memang inilah hal yang Ia kehendaki, jalankanlah dengan penuh ketaatan
Tuhan tidak menerima dalih Gideon namun tidak memarahinya. Tuhan berjanji untuk menyertainya. Sewaktu Gideon ragu dan meminta tanda tambahan, Tuhan berkenan memberi konfirmasi tambahan. Ini memperlihatkan kesabaran dan pengertian Tuhan akan kelemahan kita namun Tuhan tetap meminta kita menaati-Nya.
Terakhir, Tuhan menyatakan kemuliaan-Nya justru lewat keterbatasan manusia. Dengan 300 prajurit Gideon memukul kalah 135 ribu pasukan Midian—suatu kemustahilan. Dan, memang inilah yang ingin diperlihatkan Tuhan bahwa sesungguhnya Tuhanlah yang memukul kalah bangsa Midian, bukan Gideon. Dari Gideon—dan kita semua—Tuhan hanya menuntut dua hal: beriman dan taat. Singkat kata, dipakai Tuhan berarti menjadi alat untuk menyatakan kemuliaan Tuhan! Tuhan tidak membutuhkan kita untuk melakukan pekerjaan-Nya. Ia mengajak kita terlibat supaya kita semua dapat menyaksikan kemuliaan Tuhan.
                                  
Renungkan.
1.Sebutkan 2 (dua) alasan Gideon secara pribadi (ay.15) untuk menolak pilihan Tuhan.

2.Setelah 2 (dua) alasan di ayat 15, sebutkan permintaan lain Gideon? (ay.17)

3. Sebutkan alasan-alasan pribadi anda, yang membuat anda tidak percaya dan ragu tentang hidup anda

Berdolah agar jiwa anda sadar bahwa bukan anda yang menjalani hidup ini, tetapi Tuhan dalammu. 

Ayat hafalan minggu ini: Roma 8:31 Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar